Evolusi Perkembangan Software

Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan tentang pengertian software engineering atau rekayasa perangkat lunak. melanjutkan artikel tersebut kali ini saya menulis tentang evolusi perkembangan software.

Selama tiga dekade pertama dari era komputerisasi, tantangan utama adalah mengembangkan hardware komputer yang dapat mengurangi biaya pengolahan dan penyimpanan data. Selama dekade tahun 1980 an, kemajuan yang pesat dari mikro elektronik menghasilkan kemampuan komputer yang lebih baik pada tingkat biaya yang lebih rendah.

Namun masalah sekarang berbeda, Tantangan utama adalah mengurangi biaya dan memperbaiki kualitas solusi berbasis komputer (Solusi yang diimplementasikan dengan mempergunakan software). Software merupakan faktor kunci dalam keberhasilan suatu usaha, software dapat membedakan satu perusahaan dari perusahan saingannya.

 

Berikut Evolusi Perkembangan Software

 

1. Pada Tahun -tahun awal (ERA PERTAMA)

a. Batch orientation

Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atadilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah ONLINE atau Interactive Process.

Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date.

b. Limmited distribution

Suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan-perusahaan tertentu.

c. Custummer software

Software yang dikembangkan berdaasarkan perusahaan-perusahaan tertentu.

2. ERA KEDUA :

a. Multi user

Suatu sistem di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama.

b. Real time

Suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari berbagai sumber, mengontrol proses dan menghasilkan output dalam mili second.

c. Database

Perkembangan yang pesat dari alat penyimpan data yang OnLine menyebabkan muncul generasi pertama DBMS (DataBase Management System).

 

d. Product Software

Adalah software yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas.

3. ERA KETIGA

a. Distibuted system

Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan pada komputer induk (Host computer), daerah atau bidang lainnya yang juga memiliki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan dari distributed system adalah Centralized System.

b. Embedded intellegence

Suatu product yang diberi tambahan “Intellegence” dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yang mutakhir. Contohnya adalah automobil, robot, peralatan diagnostic serum darah.

c. Low cost hardware

harga hardware yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena munculnya Personal Computer.

d. Consumer infact

Adanya perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, software ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat

 

4. ERA KEEMPAT :

a. Expert system

Suatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi, dll.

b. AI Machine

Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur.

c. Parallel Architecture

Arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer.

More Articles for You